Kamis, 14 Februari 2013

15 Cara Makan Dengan Baik Menurut Sunah Rasul

Makan adalah salah satu contoh beribadah, maka dari itu ikutilah cara makan dengan baik menurut sunah Rasul berikut ini :
 
15 Cara Makan Dengan Baik Menurut Sunah Rasul1.    Tinggalkan saja makanan yang tak disukai / tidak banyak komentar.
Seperti sikap teladan Rasulullah yang tidak pernah mencela / mengomentari makanan yang tidak disukainya dan beliau memilih untuk meninggalkan makanan yang memang beliau tidak menyukainya.
 
2.    Cucilah tangan sebelum dan sesudah makan
Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan adalah bertujuan untuk menghilangkan kuman dan kotoran yang ada pada tangan kita. Apabila kita tidak mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, maka kuman-kuman yang ada pada tangan akan ikut tertelan ke tubuh kita dan akan menyebabkan penyakit.
 
3.    Bacalah bismillah sebelum makan dan hamdallah sesudah makan
Kita dianjurkan untuk selalu membaca do’a sebelum dan sesudah makan. Apabila kita lupa membaca do’a saat sebelum makan, maka kita harus mengucapkan : ~Bismillahi awwalahu wa akhirahu~.
 
4.    Menggunakan tangan pada saat makan
Makan dan minumlah dengan menggunakan tangan kanan karena jika anda makan dan minum dengan menggunakan tangan kiri itu adalah cara makan dan minum ala syaitan. Maukah anda di samakan dengan syaitan ?. Kalau anda tidak mau jangan makan dan minum dengan tangan kiri sobat.
 
5.    Pda saat makan jangan bersandar
Rasulullah tidak pernah makan dengan dengan dengan bersandar, dah hanya duduk tanpa alas apapun. Karena makan dijadikan sebagai ibadah oleh beliau.
 
6.    Makanlah makan yang lebih dekat
Jangan serakah dalam hal makan, karena Allah SWT tidak menyukai orang yang serakah. Ambillah makanan yang terdekat lebih dulu dan barulah mengambil yang jauh dengan anda.
 
7.    Makan pada saat lapar dan berhentilah sebelum kenyang
Jangan makan pada saat anda belum merasakan lapar dan jangan tunggu sampai kenyang untuk mengakhiri makan. Jangan sekali-kali anda makan sampai melebihi batas apalgi sampai merasa kekenyangan
 
8.    Jilatlah tangan apabila makan tanpa sendok / garpu
Rasulullah makan dengan menggunakan ketiga jarinya dan sehabis makan menjilatinya, dengan tujuan untuk melancarkan pencernaan.
 
9.    Makanlah makanan yang terjatuh dan buang kotorannya
Apabila pada saat makan ada suatu makanan yang terjatuh maka, ambillah dan buang kotorannya lalu makan kembali. Rasulullah juga menganjurkan untuk menjilati piring yang kita gunakan untuk makan karena kita tidak tahu dimana tempat berkah makanan tersebut. Dan apabila mengambil makanan yang secukupnya saja dan jangan sampai berlebihan karena akan mubazir namanya. Karena mubazir itu dilarang oleh Allah SWT.
 
10.    Makan dan minum dengan duduk
Rasulullah melarang kita untuk makan dan minum dengan berdiri.
 
11.    Jangan bernafas ketika minum
Rasulullah telah melarang kita untuk tidak bernafas ketika sedang minum. Dan apabila bernafas jauhkanlah gelas air minum dari mulut, barulah bernafas. Dan Rasulullah saw juga melarang untuk meniup makanan yang masih panas dan alangkah baiknya dikipas.
 
12.    Tidak boleh ber_suuzan apabila kita makan dengan ditemani orang yang mengidap penyakit
Kita tidak boleh berprasangka buruk apabila kita makan dengan ditemani orang yang berpenyakitan. Kita makan bertujuan untuk beribadah, ingat sahabat,,!!
 
13.    Apabila tersaji makanan yang haram sebaiknya kita tidak duduk dimeja itu
Ingatlah bahwa Allah SWT memerintahkan nkepada kita untuk menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya.
 
14.    Doakan seorang yang telah mengundang kita untuk makan
Selain untuk rasa ucapan terimakasih namun juga sudah menjadi kewajiban kita untuk mendoakan orang lain, apalagi yang bersikap baik/menolong kita.
 
15.    Setelah selesai makan tutuplah tempat makan dan minum
Menutup tempat makan dan minum sangat bermanfaat karena selain untuk menghindarkan polusi udara juga dapat menghindarkan dari kotoran-kotoran / zat yang berbahaya.


0 komentar:

Posting Komentar