Sabtu, 14 Desember 2013

Bahan Olahan Makanan Yang Berteknologi Tinggi

Susu dapat bertahan berminggu-minggu. Ini tidak disediakan alam tapi dibuat oleh manusia. Manusia membuat penelitian tentang daya tahan susu. Hasilnya teknologi tinggi yang memungkinkan hal ini.



Terlihat lezat, terasa enak dan terdengar renyah- sebuah biskuit harus bisa menarik panca indra. Untuk bisa mendapatkan bunyi renyah kue yang tepat, para pembuat biskuit mengerjakan semuanya sendiri. Seperti penciptaan suara pada motor mahal, dengan menggunakan alat-alat khusus para pembuat kue mencari bunyi paling sempurna untuk biskuitnya.



Cara pembuatan susu bubuk punya kontribusi terhadap rasa coklat yang khas. Reaksi yang sama yang membuat daging panggang atau remah roti terasa sangat enak. Bubuk susu yang dikeringkan dengan menggunakan pelindis akan memunculkan rasa karamel ringan. Para ahli saat ini masih terus melakukan penelitian terhadap reaksi Maillard atau reaksi pencoklatan non enzimatis.



Dahulu susu di kulkas akan rusak dalam hitungan 2 sampai 4 hari. Sekarang susu bermerek H bisa bertahan seminggu penuh pada suhu kamar. Akan tetapi, susu ini akan kehilangan rasanya. Berbeda dengan Susu bermerek ESL. Sebagian besar bakteri susu dibunuh dengan menggunakan kejutan panas. Akibatnya susu ESL bisa bertahan sampai tiga minggu dan tetap segar dalam kulkas dan rasanya hampir tak berubah.



Pada kemasan memang ada gambar buah arbei, tapi tidak di dalam yogurt. Potongan - potongan yang tampak seperti arbei biasanya adalah ampas jus atau gumpalan-gumpalan yang dikentalkan menggunakan rumput laut. Aroma buah alami dalam yogurt bisa diperoleh dengan cara pengembangbiakan jamur jenis tertentu. Sedangkan warna merah muda pada jogurt sebenarnya bukan berasal dari arbei tapi ubi bit merah.



Para peneliti menemukan bahwa jika apel disimpan dengan cara yang tepat maka proses pematangan apel bisa diperlambat. Ada cara pengawetan lain untuk apel bio yang tak boleh disuntik. Setelah dipanen, apel-apel itu harus dicelupkan dalam air panas agar jamur-jamur di kulit apel mati. Cara pengawetan ini tak akan menghilangkan vitamin apel sehingga apel juga akan terasa enak saat musim dingin.



Roti di supermarket punya bentuk tanpa cacat dan bisa tahan lama. Enzim beteknologi tinggi atau zat putih telur yang dibuat dari jamur serta bakteri dan dirubah secara genetik, adalah zat yang memungkinkan pencetakan sempurna pada roti. Sekitar 200 jenis bahan tambahan lainnya kemudian dicampurkan dalam adoanan roti . Akan tetapi, soal rasa masih jadi perdebatan.

 

Minuman anggur yang enak tentunya dibuat dari anggur berkualitas baik. Untuk memudahkan proses seleksi, para peneliti Jermam mengembangkan sebuah tempat sortir khusus. Anggur-anggur yang diletakkan pada ban berjalan akan dipisah-dipisah berdasar kualitas. Anggur berkualitas baik akan berakhir menjadi minuman anggur sedangkan anggur berkualitas buruk akan berakhir di bak kayu.

0 komentar:

Posting Komentar