Rabu, 18 September 2013

Buah-buahan yang harus dihindari oleh ibu hamil

Hamil adalah salah satu momen yang paling membahagiakan dalam hidup seorang perempuan. Tak heran kehamilan akan dijaga baik-baik agar nantinya lahir bayi yang sehat dan menggemaskan. Nah Bunda, saat hamil jangan makan sembarang makanan ya.


Jika kehamilan sedang memasuki bulan kedua, mungkin perempuan hamil pertama kali sedang sangat menikmati posisinya yang sebentar lagi akan dipanggil ibu oleh anaknya. Biasanya di kehamilan bulan kedua, seorang perempuan akan mengidam makanan. Tapi jangan karena atas nama mengidam, maka seorang ibu hamil bebas makan makanan yang dikehendakinya. Ada makanan yang harus dihindari selama kehamilan di bulan kedua.

Untuk diketahui, selama masa kehamilan, sel-sel dalam ovarium akan terus memproduksi progesteron, yakni suatu hormon yang penting untuk menjaga kehamilan yang sehat. Jumlah darah yang beredar dalam tubuh akan meningkat sehingga calon ibu akan merasa lebih hangat dari hari-hari biasanya. Di bulan ini juga ibu akan merasa pergerakan lembut di dalam rahimnya.

1. Pepaya
Banyak budaya yang percaya bahwa makan pepaya tidak baik saat hamil. Asupan pepaya ternyata dapat membuat ibu melahirkan lebih awal. Pepaya, terutama yang mentah dan setengah matang, kaya akan lateks yang diketahui dapat memicu kontraksi rahim. Pepaya sebaiknya dihindari pada trimester akhir kehamilan.

Ibu hamil boleh mengonsumsi pepaya asal yang benar-benar matang. Pepaya matang kaya akan vitamin seperti vitamin C dan nutrisi sehat lainnya, yang dapat mencegah timbulnya gejala mulas dan sembelit.

2. Nanas
Nanas juga dianggap tidak baik untuk kehamilan. Nanas banyak mengandung bromelain yang dapat menyebabkan pelunakan leher rahim yang mengarah ke persalinan dini. Nanas terutama harus dihindari pada trimester awal untuk menghindari kejadian yang tak terduga seperti pelunakan leher rahim.

3. Anggur
Telah disarankan oleh banyak profesional medis bahwa wanita hamil di trimester akhir harus menghindari buah-buahan seperti anggur karena dapat menyebabkan kandungan panas.

4. Durian Durian mengandung dua zat yang pada kadar tertentu bisa memberikan efek pada kehamilan. Dua zat tersebut yaitu alkohol dan asam arachidonat. Seperti yang diketahui bahwa alkohol bisa mempengaruhi tumbuh kembang si janin. Salah satunya adalah berat badan si bayi pada saat lahir akan rendah. Sedangkan kandungan archidonatnya bisa merangsang kontraksi rahim yang berakibat pada keguguran.

Terimakasih telah mengunjungi Blog Regina Putri, semoga informasi buah-buahan yang harus dihindari oleh ibu hamil dapat berguna dan bermanfaat bagi anda.

0 komentar:

Posting Komentar