Rabu, 28 Agustus 2013

Say STOP for Ngemil..

Camilan yang terbukti ampuh mengurangi rasa kecanduan akan camilan adalah pisang. Jadi snack terbaik sebenarnya adalah pisang, sebab karbohidrat pisang tidak terlalu banyak ditimbun menjadi lemak. Tipe karbohidrat pisang adalah karbohidrat sumber energi spontan, sehingga langsung menjadi energi. Lagipula tipe serat pada pisang akan melapisi 
dinding dalam mag sehingga menutup rasa lapar.
Sering kali sumber kegemukan memang dari aktivitas ngemil. Mengapa orang sering begitu sulit menghindar dari kebiasaan ngemil, seolah-olah itu melekat di bawah alam sadar kita?
Penelitian atas zat kimia dalam tubuh dan mekanisme otak ternyata menunjukkan bahwa kegemaran ngemil hampir sejalan dengan kondisi zat kimia dan mekanisme otak dalam keadaan 'kecanduan'. Ini terbukti dari percobaan menghilangkan perasaan ingin ngemil dengan cara pengobatan kecanduan heroin, yaitu menggunakan naloxon.
Pengobatan dengan cara ini ternyata dapat langsung menghilangkan keinginan ngemil! Bukan berarti Anda harus memakai naloxon agar berhenti ngemil lho! Di bawah ini ada beberapa cara yang dapat membantu Anda menghilangkan atau mengurangi keinginan atau kecanduan ngemil.

Makan Secara Teratur dalam Porsi yang Cukup
Makanan manis efektif menghilangkan lapar dan menambah energi. Jika anda terlambat makan atau kurang makan maka anda cenderung menyukai makanan bergula untuk menambah energi.
Banyak Minum Air Putih
Hasrat ngemil makanan bergula dapat disebabkan rasa tidak nyaman di mulut dan rasa kurang energi. Rasa tidak nyaman di mulut (mulut kering) dan rasa kurang energi dapat merupakan gejala dehidrasi ringan. Cukupi kebutuhan asupan air untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.
Berolahraga Teratur
Makanan manis dapat menambah energi untuk melakukan berbagai aktivitas. Salah satu manfaat berolahraga secara teratur adalah membuat tubuh senantiasa merasa penuh energi. Hal ini dapat mengurangi keinginan untuk ngemil makanan bergula.

Cari Alternatif Pengganti Makanan Bergula Sebagai Cemilan
Pilih makanan yang lebih sehat sebagai ganti makanan bergula seperti buah, yogurt polos, kacang-kacangan, biji-bijian, permen tanpa gula, dsb.
Kurangi Ngemil Makan Bergula Secara Bertahap
Susah untuk menghilangkan kebiasaan makan makanan favorit. Lakukan dengan bertahap, kurangi sedikit demi sedikit porsi makanan bergula sebagai cemilan.
Lawanlah Godaan!
Sediakan buah segar yang siap dan mudah Anda makan, misalnya jeruk, pisang, atau minuman suplemen tertentu yang rendah kalori (tidak manis). Jika suatu ketika Anda merasa kecanduan hingga Anda begitu tergoda untuk ngemil, minumlah minuman suplemen itu, lantas makanlah buah yang sudah Anda sediakan tadi.

Hancurkan Godaan!
Jika Anda kecanduan es krim, suatu saat apabila Anda membeli es krim, cepat sadari hal itu! Kemudian singkirkan es krim tersebut sambil menyerukan seruan 'kemenangan'. Salah satu sebab Anda tak mampu melepaskan diri dari kecanduan adalah belum-belum Anda sudah 'merasa kalah wibawa'. Jadi dengan menempatkan diri di atasnya, Anda akan lebih mudah merasa 'di atas angin'.
Kacang!
Selain buah, kacang ternyata juga bisa menolong melepaskan Anda dari rasa kecanduan ngemil. Hanya saja, hati-hati, kacang dalam jumlah besar juga berefek menggemukkan.
Lantas, bagaimana caranya?
Sediakan 20 butir kacang saja, jangan lebih. Yang hendak dicapai dari kacang adalah gerak mengunyah yang berulang-ulang; jadi jangan makan kacang sekaligus dalam jumlah banyak dalam sekali makannya. Makanlah satu demi satu atau paling banyak 2 sampai 3 butir setiap kalinya.

Kopi!
Jika itu semua masih tidak menolong, jerang satu cangkir kopi pahit (bukan kopi instan, tetapi yang masih berupa bubuk). Efek kafein dan efek bubuk (arang) ternyata diketahui sangat menekan perasaan ingin ngemil.

Atasi Stres!
Hampir semua kecanduan ngemil terjadi saat Anda menderita stres, entah ringan atau berat. Di saat stres Anda seolah-olah ingin 'mengganyang habis lawan Anda' dengan cara ‘makan’ (ngemil). Jadi Anda dapat mulai belajar bermeditasi, yoga, teknik relaksasi, dan latihan napas dalam-dalam untuk melarutkan stres Anda.
Istirahat!
Kecanduan ngemil juga bisa muncul jika Anda kelelahan. Otak mengira Anda sedang ‘kelaparan’ dan bukannya ‘kelelahan’. Jadi saat Anda kelelahan, cobalah ambil waktu istirahat sekadarnya. Tutup pintu, pejamkan mata Anda, lantas berusahalah tidur barang 15 menit saja!
Dengan cara ini lama-kelamaan pola 'kecanduan' Anda akan berubah menjadi kecanduan buah tertentu, yang pasti jauh lebih baik ketimbang camilan yang biasa. Good Luck ^_^

0 komentar:

Posting Komentar