Senin, 25 November 2013

Menaruh Tanaman Di Kantor Dapat Meningkatkan Produktivitas Kerja

Meja kerja yang dihiasi dengan pot tumbuhan berwarna hijau ternyata mampu meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Selain itu, berdasarkan sebuah penelitian, karyawan yang duduk di dekat jendela dengan pemandangan tanaman hijau merasa lebih senang dibandingkan dengan pemandangan jalan raya.



Tanaman bisa menjadi hiasan di atas meja. Tapi apakah tanaman juga memiliki kekuatan psikologis? Sebuah tim peneliti yang terdiri atas para sarjana di Norwegia menguji efek tanaman terhadap produktivitas pekerja.



Dalam studi pertama, yang diterbitkan pada tahun 2011, beberapa responden membaca sambil duduk di sebuah meja kayu, suasana di sekitar ruangan kerja kosong, tanpa tanaman. Sedangkan responden lainnya membaca sambil duduk di sebuah ruangan kerja yang dikelilingi bunga dan daun. Kemudian masing-masing kelompok diberi tugas yang sama.



Hasil penelitiannya cukup jelas. Pekerja yang membaca di ruangan kerja yang dikelilingi bunga dan tanaman memiliki nilai yang lebih tinggi saat menyelesaikan tugas.



Studi kedua, yang diterbitkan baru-baru ini, mencapai kesimpulan bahwa, responden yang menjalani tes di meja berhiaskan bunga dan tanaman lebih mampu berkonsentrasi daripada responden yang menjalani tes di meja yang kosong.



Orang yang bekerja di meja dengan tanaman dan jendela menghadapan taman hijau memiliki dorongan kognitif, kata Ruth K. Raanaas dari Norwegian University of Life Sciences.



Kebanyakan orang menghabiskan sebagian besar hidupnya di kantor. Meletakkan tanaman hijau di pot di kantor adalah sebuah cara sederhana dan efektif untuk menjaga konsentrasi dan kebahagiaan karyawan.



Otak manusia mengeluarkan banyak energi saat tubuh mengerjakan tugas-tugas yang memerlukan konsentrasi tinggi. Kelelahan ini hanya dapat dipulihkan dengan beristirahat. Dan adanya tanaman hijau di atas meja kerja atau pemandangan hijau yang dapat dilihat dari jendela kantor memberi kesempatan bagi otak untuk istirahat.

0 komentar:

Posting Komentar