Minggu, 29 September 2013

Cara mengenali kanker kulit atau bukan

Penyakit ini relatif mudah dikenali karena umumnya menyerang kulit bagian terluar atau epidermis. Meskipun mudah dikenali dan diatasi, namun tak sedikit pula jenis kanker ini yang ganas dan menyebabkan kematian. Kutil merupakan salah satu jenis penyakit kanker yang tidak ganas, meskipun tetap perlu diwaspadai.

Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya penyakit kanker kulit. Antara lain disebabkan  banyaknya oksidan atau radikal bebas yang terhirup atau masuk dalam aliran darah. Begitu juga radiasi sinar radio aktif maupun ultraviolet dari sinar matahari yang mengenai kulit dalam waktu lama dan terus menerus juga dapat menyebabkan penyakit ini. 

Kanker kulit seringkali terlambat untuk diobati, karena gejalanya yang tidak disadari oleh kebanyakan orang. Lalu, bagaimana cara membedakan bercak biasa dengan bercak yang merupakan gejala kanker kulit? Health.com memberikan beberapa petunjuk berikut ini:

Tahi lalat: Tahi lalat yang normal tidak berbahaya dan bisa ditemukan di mana saja di seluruh tubuh. Tanda ini biasanya mulai berkembang sejak kecil hingga dewasa. Tahi lalat berukuran lebih kecil dari penghapus pensil, bulat, dan simetri, serta memiliki pinggiran yang halus dan berwarna.

Actinic keratosis: Actinic keratosis adalah pertumbuhan kulit sebelum kanker yang bisa ditemukan di kulit kepala, wajah, tangan, dan lengan bawah. Tanda ini berwarna seperti daging merah muda atau merah yang gatal dan kasar. Tanda seperti ini harus segera dihilangkan karena 5 - 10% actinic keratosis bisa menjadi kanker.

Basal cell carcinoma: Basal cell carcinoma adalah kerusakan pada kulit yang disebabkan oleh matahari dna kebanyakan ada di wajah. Biasanya terlihat seperti jerawat berwarna merah muda atau merah yang bisa berdarah dan menyebabkan keropeng. Ini adalah tipe kanker kulit yang bisa disembuhkan dengan mudah jika segera diobati.

Squamous cell carcinoma: Kanker tipe ini biasanya banyak muncul pada bagian tubuh, kaki, atau tangan dan masih bisa disembuhkan jika ditangani sejak awal. Bentuk kanker ini menyerupai kutil yang tumbuh dan bisa berdarah. Kanker ini juga memiliki bentuk seperti lepuhan di pinggirnya.

Melanoma: Melanoma adalah jenis kanker yang berbahaya dan bisa menyebar dengan cepat. Namun melanoma masih bisa disembuhkan jika dideteksi sejak dini. Pada wanita, melanoma biasanya muncul di kaki, dan jarang sekali di wajah. Sementara pada pria biasanya muncul di tubuh. Anda harus waspada ketika melihat tanda seperti penyakit jamur namun berwarna hitam. Bercak hitam ini biasanya akan tumbuh membesar berwarna coklat, coklat kemerahan, atau tetap berwarna hitam.
Itulah beberapa tanda yang harus Anda perhatikan ketika melihat ada bercak atau kutil di kulit Anda. Perhatikan dengan seksama dan waspadalah. Mengetahui kanker kulit sejak dini bisa sangat membantu dalam proses penyembuhan. Jangan lupa juga untuk terus lindungi kulit Anda.

Terimakasih telah mengunjungi Blog Regina Putri, semoga informasi Cara mengenali kanker kulit dapat berguna dan bermanfaat bagi anda. Share informasi ini agar teman atau kerabat kita mempunyai pengetahuan baru.

0 komentar:

Posting Komentar