Sabtu, 28 September 2013

Manfaat mandi dengan air hangat untuk kesehatan

Mandi adalah suatu aktivitas yang kita lakukan untuk membersihkan diri kita setelah seharian beraktivitas. Tidak ada aturan tertulis, berapa banyak dan kapan kita harus mandi, namun ada baiknya kita mandi 2 kali sehari, di pagi hari saat kita akan mulai beraktivitas dan sore hari setelah kita beraktivitas.

Kebiasaan mandi secara teratur dapat menghilangkan bau badan, debu dan sel-sel kulit mati. Mandi tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kebersihan, namun bisa juga untuk menjaga penampilan agat tetap segar, menjauhkan diri agar tidak stress, juga dapat memelihara kesehatan tubuh.

Penggunaan sabun untuk mandi berfungsi untuk membersihkan kotoran dan debu dari permukaan kulit, pengelupasan kulit tua dan mati, serta membunuh kuman penyakit yang melekat.

Mandi dengan menggunakan air hangat atau air dingin akan memberikan efek berbeda. Air hangat dapat membuat otot tubuh terasa rileks, sementara air dingin dapat membuat badan terasa segar. Pagi hari sebelum memulai kegiatan sepanjang hari, lebih dianjurkan untuk mandi air dingin, sedangkan mandi air hangat lebih tepat di lakukan pada sore atau malam hari menjelang istirahat.
  • Dengan mandi air hangat, maka pori-pori pada kulit kita akan terbuka sehingga kulit kita tampak segar dan tidak kering. 
  • Dengan mandi air hangat, dapat meredakan penyakit batuk yang sedang menyerang kita. Ini dikarenakan dengan menghirup uang panas yang berasal dari air hangat tersebut mampu menghilangkan phlegm, yang merupakan penyebab iritasi pada tenggorokan kita. 
  • Dengan mandi air hangat, dapat memperlancar peredaran darah kita, yang mana salah satunya peredaran darah yang menuju keotak kita. Sehingga kita terhindari dari terserang migrain 
  • Dengan mandi air hangat, dapat membantu menghilangkan rasa stress yang melanda pikiran kita yang sudah dipenuhi oleh segudang masalah yang ada.  
  • Dengan mandi air hangat, dapat meringankan penderita diabetes. Ini dikarenakan, dengan mandi air hangat atau berendam selama setengah jam mampu menurunkan tingkat gula darah yang ada bagi penderita diabetes. 
  • Dengan mandi air hangat, dipercaya mampu memperbaiki kesehatan organ jantung kita. 
  • Dengan mandi air hangat, membuat istirahat atau tidur kita akan lebih pulas. Sehingga ketika bangun, tubuh kembali ke performa terbaiknya.


Mandi dengan air hangat juga bisa di dilakukan sebagai pemanasan sebelum latihan, dengan mandi air hangat pada pagi hari adalah cara efektif untuk memanaskan tubuh kita sebelum berolahraga pagi. Ketika kita bangun tidur, otot – otot bisa jadi masih dalam keadaan kaku, ini menyebabkan kita mudah keram, dan peredaran darah pun kurang begitu lancar, sehingga dengan mandi air panas di pagi hari ini dapat melancarkan peredaran darah dan menangkal otot – otot untuk terjadi keram karena kaku

Terimakasih telah mengunjungi Blog Regina Putri, semoga informasi Manfaat mandi air hangat untuk kesehatan dapat berguna dan bermanfaat bagi anda.Share informasi ini agar teman atau kerabat kita mempunyai pengetahuan baru.

0 komentar:

Posting Komentar