Minggu, 10 November 2013

8 Teknik Foto Keluarga

Foto keluarga seringkali dibuat oleh fotografer amatir, karena pelakunya seringkali adalah kita sendiri. Berikut beberapa teknik untuk membuat foto keluarga yang keren;

  1.     Posisi kamera jangan terlalu dekat dengan subjeknya, bila terlalu dekat maka terpaksa kita akan zoom-out atau memakai lensa yang terlalu lebar. Bentuk muka orang yang berada di pinggir akan distorsi dan berubah bentuk jika terlalu lebar. Bila tempat memungkinkan, usahakan memakai fokal lens minimal 30-50mm.
  2.     Atur orang-orang dalam kelompok agar berdekatan, tujuannya supaya komposisinya lebih bagus dan tidak ada celah antar orang. Selain itu juga berguna untuk membantu pemerataan distribusi cahaya bila memakai lampu kilat. Tapi hati-hati apabila terlalu dekat, aka nada potensi beberapa orang yang tertutup bayangan.
  3.     Komposisi segitiga, komposisi grup merupakan salah satu factor penting yang membuat foto terlihat lebih baik. Salah satu komposisi yang saya piker solid adalah segitiga. Caranya, kita mengatur orang yang berpostur paling tinggi di tengah kemudian yang pendek di pinggir.
  4.     Menyeimbangkan cahaya lingkungan dengan flash, artinya bila dalam ruangan agak gelap dan kita terpaksa menggunakan lampu kilat, jangan  lupa untuk menyeimbangkan cahaya flash dengan ruangan. Bila tidak di seimbangkan, latar belakang akan terlalu gelap dan suasananya akan hilang. Caranya tidak terlalu sulit, yaitu dengan melambatkan shutter speed sehingga cahaya lingkungan bisa terekam. Saat memakai shutter speed yang relative lambat, jangan lupa memegang kamera dengan steady atau menggunakan penyangga seperti tripod.
  5.     Pakai teknik pantul, maksudnya adalah memakai flash eksternal yang bisa di putar kepalanya, kita kemungkinan bisa menggunakan teknik pantul bila menggunakan flash tersebut. Dan bila langit-langit berwarna putih dan tidak terlalu tinggi, kita bisa memantulkan cahaya sehingga cahaya yang jatuh ke subjek foto lembut.
  6.     Memisahkan flash dengan kamera, lebih baik kita bisa memisahkan flash dengan kamera. Dengan memisahkan flash dari kamera, kita bisa mengarahkan cahaya sehingga wajah tampak berdimensi. Bila kita merasa cahaya yang jatuh terlalu keras, kita bisa memanfaatkan paying fotografi.
  7.     Bila kita berada di luar ruangan, carilah tempat yang teduh agar jatuhnya cahaya ke wajah setiap orang sama (tidak belang-belang). Pastikan  juga cahaya matahari tidak langsung menyinari wajah, karena bisa menyilaukan. Bila matahari di belakang, seringkali kita memerlukan bantuan lampu kilat atau flash agar subjek foto tidak menjadi gelap (beck light)
  8.     Terakhir bila anda ingin foto keluarga dengan suasana di dalam ruangan seperti restaurant atau meja makan, anda sebaiknya menghindari foto dari ujung meja. Karena wajah orang yang lebih dekat dengan kamera akan lebih terlihat besar, sedangkan yang jauh akan terlihat sangat kecil. Dalam keadaan seperti ini, lebih baik anda menggunakan meja yang panjang sehingga jarak antara kamera dan setiap orang kurang lebih sama.

Nah itu dia beberapa teknik untuk membuat foto keluarga anda menjadi keren. Selamat mencoba

0 komentar:

Posting Komentar