Minggu, 21 Juli 2013

Penyebab Rambut Bercabang

Yang terjadi pada rambut saat ujungnya bercabang dan mudah patah adalah karena kekurangan nutrisi dan kelembaban. Kondisi batang rambut diawali dengan kekeringan, perubahan warna menjadi kekuningan, kemudian terbelah menjadi dua serta sangat rapuh.


Kondisi tersebut dipicu oleh terlalu sering terpapar sinar matahari langsung, bleaching, kekurangan amino acid, pemakaian produk penata rambut setiap hari, serta kurang nutrisi.

Mengatasi rambut bercabang sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda hanya dianjurkan untuk menggunakan shampoo yang formulanya lembut serta bebas alkohol. Ada baiknya juga berkeramas 2-3 hari sekali saja sehingga kelembaban rambut tetap terjaga.

Selain itu, ada baiknya juga untuk membiarkan rambut kering secara alami. Hindari terlalu sering menggunakan styling product agar kelembaban rambut tidak mudah hilang. Sedangkan untuk rambut yang sudah terlanjur bercabang dan patah-patah, melakukan trimming adalah jalan terbaik sehingga cabang tidak mengganggu penampilan rambut Anda.

Penyebab Rambut Bercabang :
1. Penggunaan Alat Dan Bahan Kimia Untuk Rambut
Panas, penggunaan alat-alat styling rambut, penggunaan bahan-bahan kimia berlebihan (seperti perming, rebonding, hair spray, pewarnaan rambut, toning, dan sebagainya) dapat menyebabkan rambut bercabang.
2. Gesekan berlebih pada rambut
Gesekan yang berlebihan pada rambut (menyisir terlalu keras, atau mengeringkan rambut dengan menggosok-gosokkan rambut ke handuk terlalu kasar) dapat menyebabkan rambut bercabang.
3. Pengaruh Cuaca,
Terlalu lama membuat rambut anda terjemur di bawah sinar matahai akan membuat rambut anda kering dan mudah bercabang.
4. Kurang Nutrisi
kurangnya nutrisi tubuh dapat merusak kutikula dan menurunkan kemampuannya untuk melindungi, menyebabkan rambut mengalami kerusakan. Jika kerusakan yang ditimbulkan cukup parah, kutikula tidak lagi mampu lagi membungkus komponen serat rambut, yang berakibat pada rambut mengalami pecah-pecah dan bercabang.
5. Usia Rambut
Rambut bercabang juga disebabkan karena faktor usia. Semakin panjang rambut, semakin tua usia rambut tersebut, dan tentunya semakin rentan terhadap kerusakan. Karena itu Anda dengan rambut panjang lebih beresiko mengalami masalah seperti rambut rontok dan rambut bercabang ketimbang rambut pendek. Kerusakan yang dimulai pada ujung rambut, bagian paling lama dari helai rambut Anda, dapat mengakibatkan kerusakan di bagian batang rambut yang masih sehat. Dengan membiarkan ujung rambut bercabang, justru dapat mengakibatkan seluruh helai rambut menjadi rusak. Faktor usia inilah yang lebih sulit untuk diatasi.

0 komentar:

Posting Komentar