Selasa, 19 November 2013

8 Cara Merawat Rambut Agar Tetap Cantik Dan Sehat

Rambut adalah mahkota yang harus selalu dijaga kesehatan dan kecantikannya. Kecantikan rambut mungkin bisa dinilai secara berbeda pada setiap orang, karena secara genetik, manusia memang terlahir dengan memiliki jenis rambut yang berbeda satu sama lainnya.

Namun, kesehatan rambut bisa dinilai dari tekstur serta kekuatan rambut tersebut. Rambut yang sehat cenderung akan memiliki tekstur yang halus serta kuat sehingga tidak akan mudah rontok.

Simak beberapa pantangan serta anjuran berikut ini jika anda menginginkan rambut yang cantik dan sehat.

    Konsumsilah Cukup Air

    Air memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Air sendiri di dalam tubuh memiliki fungsi sebagai pelarut makanan serta pengatur suhu tubuh. Kekurangan mengkonsumsi air akan membut tubuh mengalami dehidrasi yang bisa merusak rambut. Untuk itu, konsumsilah cukup air jika ingin rambut anda tetap sehat dan tidak mudah kering.

    Konsumsilah Nutrisi yang Seimbang
    Gizi bisa menjadi masalah serius bagi kesehatan rambut anda. Makanan yang terlalu berlemak dan berminyak tidak disarankan untuk dikonsumsi secara berlebihan karena bisa memicu ketombe dan rambut berminyak. Sebaliknya, anda harus memastikan jika anda sudah mengkonsumsi cukup vitamin dan mineral. Vitamin, terutama vitamin E memiliki fungsi untuk memperkuat serta mempertahankan kelembaban alami rambut.

    Hindari Stress
    Saat stress, tubuh akan memproduksi minyak yang lebih banyak daripada biasanya. Jika minyak yang berlebihan ini muncul pada kulit kepala, maka beberapa masalah rambut seperti ketombe serta rambut rontok akan dengan mudah muncul. Untuk itu, selalu segarkan kembali pikiran anda saat merasa stress dan cemas berlebihan.

    Perhatikan Obat-obatan Anda
    Obat-obatan yang anda konsumsi bisa menimbulkan reaksi yang negatif bagi kesehatan rambut anda. Jika anda sedang mengalami masalah rambut, sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter apakah masalah rambut yang sedang terjadi berhubungan dengan obat-obatan yang sedang anda konsumsi.

    Shampo yang Tidak Sesuai

    Pernah merasa rambut dan kulit kepala menjadi terasa tidak nyaman setelah memakai shampo merek tertentu? Jika ya, maka hal tersebut bisa terjadi karena rambut yang tidak cocok dengan bahan-bahan tertentu yang terkandung dalam shampo tersebut. Selain itu, penggunaan shampo yang tidak sesuai dengan kebutuhan juga bisa merusak rambut anda. Maksudnya adalah jangan pakai shampo anti ketombe atau shampo anti rambut rontok saat anda sedang tidak mengalami kedua masalah tersebut. Pakailah saja shampo biasa untuk perawatan rambut sehari-hari.

    Jangan Keramas Setiap Hari
    Sebagian dari anda mungkin mengira jika keramas setiap hari akan baik untuk kesehatan rambut. Namun, asumsi banyak orang tersebut ternyata salah. Shampo memiliki fungsi untuk membersihkan kotoran serta menyerap minyak yang terdapat pada rambut. Jika dipakai setiap hari, shampo bisa membut rambut menjadi kering dan rapuh karena hilangnya kelembaban alami rambut akibat diserap oleh shampo. Sebaiknya pakailah shampo dengan frekuensi 3-4 kali setiap minggu.

    Jangan Terlalu Sering Menggunakan Pengering Rambut
    Tidak perlu dijelaskan secara panjang lebar, semua orang juga pasti tahu jika alat-alat pengering rambut seperti hair dryer dan curling iron bisa merusak rambut. Bahkan kabarnya, medan elektromagnetis yang dihasilkan oleh alat hair dryer bisa menyebabkan timbulnya kanker otak.

    Berikan Perawatan Ekstra
    Sesekali anda juga harus menggunakan produk-produk perawatan rambut seperti serum rambut, masker rambut, kondisioner, serta produk perawatan rambut lainnya. Namun yang perlu diingat, selalu selektiflah dalam memilih produk perawatan rambut karena tidak semua jenis rambut sesuai dengan produk tertentu.

0 komentar:

Posting Komentar