Senin, 25 November 2013

Wisata Mistis dengan Keindahan Pesona Alam

Sebuah wisata mistis sekaligus indah bisa Anda temukan di Desa Palongki, Kecamatan Tellusiattingnge, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Destinasi wisata ini berupa mata air yang oleh warga setempat dianggap memiliki kekuatan.Seperti dilansir yukpegi.com,Tak heran bila mata air yang berada di tengah hutan ini ramai disambangi warga ketika liburan tiba. Mereka akan berenang, menyerahkan sesajen dan mengikatkan sebuah tali pada nisan kuburan kuno yang disemayamkan di areal itu.

Tempat wisata mistis sekaligus indah itu bernama mata air Lagole. Anda akan menempuh jarak 27 km dari ibu kota Kabupaten Bone yaitu Kota Watampone. Sekitar 2 km harus Anda tempuh melewati jalanan tanah bebatuan guna sampai di mata air Lagole. Sekitar 1 km Anda harus berjalan di areal perkebunan dan menerabas hutan, kemudian dilanjutkan dengan melintasi sungai tanpa jembatan.

Mata air Lagole berada sejauh 5 meter dari bibir sungai. Anda akan menemui ikan moa sebesar paha orang dewasa yang mejadi penghuni mata air tersebut. Sesajen yang biasanya dilarungkan di mata air ini adalah makanan tradisional, kelapa muda, telur ayam dan sebagainya. Biasanya telur yang diberikan akan langsung disantap oleh ikan moa yang diperkirakan usianya sama dengan usia mata air Lagole.

Pengunjung lain biasanya memanfaatkan momen tersebut untuk berenang dalam air sungai. Sungai ini mempunyai air yang sangat jernih disertai bebatuan yang tersusun indah secara alami. Berada di sana akan membuat Anda lupa waktu. Karena tempat ini sangat rindang dan asri dipenuhi pepohonan.

Sebuah kuburan kuno berada di antara sungai dan mata air. Masyarakat sekitar tidak ada yang mengetahui dengan pasti jasad yang disemayamkan di pusara tersebut. Warga memanfaatkan akar pepohonan yang berada diatas batu nisam untuk mengikat tali. Tak sembarang mengikatkan tali, mereka akan berikrar nazar atau keinginan di kemudian hari.

Bila nazar dikabulkan, maka orang itu harus kembali lagi ke makam tersebut guna membuka ikatan talinya. Biasanya para pengunjung bernazar supaya cepat diberikan jodoh, berhasil dalam bisnis atau perdagangan dan lain sebagainya. Tempat wisata ini memang sangat kental dengan aroma mistis. Tapi para remaja biasanya hanya memanfaatkannya sebagai pengisi liburan.

Destinasi wisata mistis sekaligus indah ini sebenarnya sangat menarik dan menakjubkan dengan panorama alam yang indah. Walaupun unsur mistis sangat lekat di areal mata air ini. Pemerintah setempat seharusnya terus menggali potensi wisata ini lebih optimal. Karena fasilitas jalan yang buruk guna menuju areal ini pertanda kalau pemerintah tak pernah memperhatikan potensi wisata ini.

Bagi Anda yang penasaran dengan tempat wisata mistis ini bisa berkunjung kapan saja. Di hari libur biasanya tempat ini akan lebih banyak dikunjungiwisatawan, daripada hari lainnya. Perjalanan yang penuh tantangan akan menguji kesabaran dan fisik anda. Tetapi, semua kesusahan itu akan terbalas setelah Anda berada di kawasan mata air Lagole.



0 komentar:

Posting Komentar