Rabu, 27 November 2013

Peneliti Rumania Berhasil Menciptakan Sel Darah Merah Buatan

Sekelompok peneliti dari Universitas BabeÅŸ-Bolyai, Rumania, berhasil membuat darah buatan yang diklaim bisa digunakan untuk manusia di kemudian hari. Darah ini mengandung air, garam, dan protein hemerythrin yang diekstrak dari cacing laut.




Cacing laut yang menjadi sumber darah buatan
Cacing laut yang menjadi sumber darah buatan


Dr. Radu Silaghi-Dumitrescu, salah satu peneliti kunci dalam penelitian ini, mengatakan, darah ini bahkan bisa menciptakan "darah instan" yang bisa ditambahkan ke dalam darah alami ketika ditambahkan dengan air.



Sejauh ini, darah buatan itu sudah berhasil diujicobakan pada tikus laboratorium dan tidak memiliki efek samping yang merugikan. Namun, darah belum bisa benar-benar bergabung dengan darah manusia. Peneliti berharap penelitian ini kelak akan membawa hasil yang lebih positif.



Ribuan sel darah merah yang telah berhasil diciptakan
Ribuan sel darah merah yang telah berhasil diciptakan



Jika darah buatan ini bisa digabungkan dengan darah manusia, tentunya akan sangat bermanfaat, terutama untuk negara-negara berkembang yang memiliki angka kematian akibat pendarahan pasca-melahirkan yang tinggi.


Sebelumnya, telah ada upaya untuk menciptakan darah buatan. Misalnya, University of Edinburgh dan Bristol University yang membuat sel darah merah dari sel induk yang diambil dari sumsum tulang.



(Daily Mail)

0 komentar:

Posting Komentar