Sabtu, 30 November 2013

Makanan-Makanan Yang Berkhasiat Menurunkan Gula Darah

Jika Anda telah didiagnosa mempunyai diabetes atau pra-diabetes, Anda mungkin menghabiskan banyak waktu berpikir tentang gula darah Anda. Anda harus mulai berpikir bagaimana caranya mengatur gula darah secara alami dengan memasukkan makanan tertentu ke dalam asupan harian.



Berikut ini beberapa makanan untuk menurunkan kadar gula darah Anda.

1. Pare. Pare umumnya digunakan sebagai makanan dan obat-obatan dalam budaya Asia. Makan buah ini dapat menurunkan gula darah. Karena rasa pahitnya, sebaiknya sajikan pare yang dimasak dengan rempah-rempah atau sayuran lainnya.



2. Kayu manis. Penelitian yang diterbitkan dalam Diabetes Care tahun 2003 menemukan bahwa mengonsumsi 1 gram kayu manis selama 40 hari membantu meningkatkan glukosa darah puasa. Kayu manis bisa membantu Anda menggunakan lebih sedikit gula dalam masakan (termasuk dalam minuman kopi Anda). Karena ini menambah rasa alami, juga terkandung di dalamnya antioksidan.



3.Biji-bijian. Biji-bijian dapat menurunkan risiko diabetes dan membantu meningkatkan gula darah puasa. The Dietary Guideline AS menyarankan konsumsi 3 – 5 porsi biji-bijian per hari untuk orang dewasa. Biji gandum terutama kaya akan beta-glucan.



4. Havermut. Havermut juga mengandung serat beta-glucan yang terbukti membantu menstabilkan gula darah. Havermut memberikan manfaat tambahan bagi mereka dengan diabetes atau pra-diabetes, juga mengurangi kadar kolesterol LDL dan membantu mengontrol berat badan. Satu porsi havermut di pagi hari adalah cara mudah untuk memasukkan gamdum ke dalam asupan harian.



5. Bawang. Bawang mengandung kromium, yang merupakan mineral penting bagi manajemen gula darah. Kromium membantu tubuh memproduksi faktor toleransi glukosa, yang membutuhkan insulin untuk membantu memindahkan gula dari darah ke dalam sel-sel tubuh untuk digunakan sebagai energi.



6. Bayam. Bayam kaya magnesium yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah dengan mengatur pengeluaran insulin serta penggunaan glukosa pada tubuh. Kebetulan, orang dengan diabetes tipe 2 sering memiliki tingkat rendah serum magnesium. Bayam juga mengandung nutrisi penting lainnya, seperti beta-karoten, lutein, asam folat, vitamin K, magnesium, mangan, kalsium, dan kalium.



Kontrol gula darah sangat penting bagi orang-orang dengan diabetes atau pra-diabetes. Karena itu coba masukkan makanan tersebut dalam asupan harian untuk menjaga kadar gula darah Anda.



(healthcastle)

0 komentar:

Posting Komentar