Selasa, 19 November 2013

8 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh di Musim Hujan

Musim hujan di Indonesia merupakan suatu rahmat dari Alloh SWT untuk bangsa Indonesia sehingga ketersediaan air di Indonesia cukup melimpah. Sehingga kita tak perlu menyesali jika turun hujan karena aktivitas kantor terganggu atau kesehatan tubuh mulai menurun. Yang perlu dilakukan adalah mengantisipasi dan mempersiapkan bagaimana aktivitas kerja serta kesehatan tubuh tetap fit saat di musim hujan. Di sini saya akan berbagi tips untuk menjaga tubuh tetap sehat di musim hujan:
1. Agendakan waktu untuk berolahraga setiap hari
Berolahragalah untuk menjaga kebugaran tubuh. Lakukanlah olahraga ringan seperti lari lari kecil, senam, atau jalan kaki untuk mendapatkan kebugaran tubuh. Karena tubuh yang bugar dan sehat tidak akan mudah terkena penyakit dan terserang virus, Jadi Olahragalah mulai sekarang!
2. Makan Makanan yang Sehat dan Bergizi secara teratur
Cuaca dingin membuat kita mudah lapar. Jumlah dan jenis makanan harus diperhatikan, jadi jangan asal makan ya......dan usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C untuk meningkatkan kekebala tubuh
3. Jaga kebersihan Lingkungan
Lingkungan yang kotor akan menjadi sarang bakteri dan virus penyakit. Serta hindari adanya air menggenang lama di sekitar rumah karena akan menjadi tempat berkembang biak nyamuk.
4. Sedia Payung, Jas Hujan, dan Jas Sepatu Sebelum Hujan
Istilah sedia payung saat ini sudah tidak berlaku lagi, karena mobilisasi kita seringkali dengan menggunakan sepeda atau sepeda motor. Jadi sebelum hujan juga perlu menyediakan jas hujan untuk menutupi tubuh kita dan jas sepatu untuk melindungi sepatu kita dari hujan. Lengkap deh!!!! Seluruh tubuh tidak akan terguyur hujan karena sudah aman dengan jas hujan dan jas sepatu.
5. Bila terkena hujan biasakan langsung mandi
Karena air hujan sangatlah dingin dan jika kelamaan tetap menempel pada tubuh kita bisa menyebabkan sakit
6. Mencuci tangan sesudah dan sebelum beraktifitas
Pada tangan menempel jutaan bakteri sehingga antisipasi yang perlu dilakukan agar tidak terdapat bakteri jahat yang menempel pada tubuh kita adalah mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktifitas
7. Jangan terlalu sering menyentuh wajah
Virus dapat mudah masuk melalui hidung, mulut dan mata sehingga usahakan jangan sering menyentuh wajah kecuali tangan dalam keadaan bersih
8. Perbanyak minum air putih
Kebiasaan minum air putih harus selalu diupayakan. Usahakan minum kurang lebih 8 gelas setiap hari untuk menjaga kesehatan kita.

0 komentar:

Posting Komentar